Monday, May 18, 2015

Sharing Excel on Blog + Identitas Singkat Penulis

Salam sejahtera sahabat blog…
Setelah sekian lama blog ini tidak begitu aktif karena tidak adanya fokus topik yang hendak disampaikan. Kali ini saya hendak share mengenai Excel dikaitkan dengan pelaporan keuangan/ pembukuan yang dapat diaplikasikan pada bisnis/ usaha apapun.

Dalam perkantoran, Excel sering digunakan untuk menyediakan, menghitung dan menganalisis data perusahaan baik berupa rekapan (summary) harian, bulanan maupun tahunan. Aplikasi excel sering disebut aplikasi manual sebab sekalipun terkomputerisasi namun standard yang dijalankan belum tersistematis. Itulah sebabnya perusahaan menengah keatas menggunakan sistem berbayar untuk mencatat dan menghitung transaksi usahanya sehari-hari sesuai dengan jenis usahanya.

Jika begitu, mengapa Excel masih begitu diminati di kalangan usaha. Apakah Excel dapat dibuat menjadi tersistematis? Jawabnya adalah YA.. Excel lebih mudah digunakan dan dapat dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menyajikan perhitungan data sesuai yang diinginkan pengguna. Selain itu, keunggulannya adalah lebih murah, sehingga usaha menengah ke bawah, bisnis yang baru merintis namun hendak mengetahui pelaporan keuangan dapat menggunakan Excel.

Excel sangatlah sederhana dan hampir setiap kalangan mesti tahu cara menggunakan excel seperti persyaratan wajib dalam persyaratan untuk bekerja, yaitu menguasai Microsoft Office (Word, Excel, Power Point). Apabila sudah setiap orang mengetahuinya, mengapa masih perlu dibahas? Jawabnya adalah Excel yang diketahui secara umum lebih kepada penggunaan dasar. Dimana saat dipelajari lebih dalam, banyak hal menarik yang dapat disediakan oleh Excel dimana pengembangannya terus dilakukan oleh Microsoft mulai dari versi Tahun 2003, 2007, 2010 hingga yang terbaru Tahun 2013.

        Penulis sendiri juga masih melakukan pendalaman untuk pengetahuan Excel, yang juga masih terkagum dengan hal-hal baru yang dapat disajikan dimana tidak penulis ketahui sebelumnya. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama membahas Excel dalam aplikasinya yang berguna dalam bidang usaha/ bisnis sehari-hari. Harap maklum apabila masih terdapat kesalahan penyajian sebab maksud pembahasan ini tidak bersifat menggurui tetapi lebih kepada perluasan wawasan kita dalam menggunakan Microsoft Excel.

          Adapun identitas singkat saya sbb:
Nama              : Endry Leeguer
Pekerjaan      : Finance Supervisor di salah satu Mall Lippo Indonesia
Asal                 : Medan
Email 1           : endrylee86[at]yahoo[dot]com
Email 2           : endrylee1203[at]gmail[dot]com
YM                   : endrylee86
Skype             : endrylee1203
Pin BB            : 26BC7612

Terbuka untuk pembahasan Excel ataupun sharing financial/ keuangan dan accounting/ pembukuan.
Demikian pengantar singkat dari saya sebelum kita masuk ke topik pembahasan Excel lainnya. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga bermanfaat. Baca juga Excel untuk Usaha Pribadi.


PS: Please leave comment if you like this post :)


No comments:

Post a Comment

Ayo berikan komentar Anda..