Thursday, May 23, 2013

Cara Merawat Ikan Hias (Aquarium)

Ikan Hias Air Tawar
Para pembaca sekalian, sebelumnya kita telah melewati sesi perkenalan di tentang penulis, saat ini saya pengen berbagi tentang hal-hal yang saya sukai sebagai posting awal saya.
Saat ini, ikan hias khususnya ikan hias air tawar memiliki penggemarnya tersendiri. Terkadang kita bisa memandangi ikan hias sambil bersantai untuk melepaskan suntuk (bagi yang hobi).
Terlebih apabila ikan hias tersebut diletakkan di aquarium yang telah dihias sedemikian rupa, tentu saja menarik mata siapa saja yang memandanginya.
Ikan hias, baik yang hidup ataupun hanya berupa lukisan dapat mendatangkan aura yang positif bagi setiap orang yang memeliharanya.

Inilah beberapa cara untuk merawat dan memelihara ikan hias di aquarium versi elway:

1. Membersihkan aquarium secara teratur
        Bersihkanlah aquarium dan mengganti air tempat kita memelihara ikan secara teratur, baiknya sekali seminggu atau paling lama 2x seminggu, namun dengan catatan aquarium nya telah memiliki filter yang baik alias tidak hanya menggunakan gelembung udara. Apabila aquarium nya hanya menggunakan gelembung udara (istilahnya aerator), maka frekuensi pembersihan aquarium menjadi lebih sering yaitu 2-3 hari sekali. Bersihkan aquarium menggunakan busa/sponge untuk menghilangkan lumut yang membuat kaca menjadi buram dan juga merupakan sumber penyakit.

NB: jangan mengganti air 100% baru, tetapi 30% air lama dan 70% air baru supaya ikan dapat beradaptasi dan mencegah kematian akibat penggantian air baru secara penuh.

2. Membersihkan atau mengganti filter secara teratur
        Bersihkanlah filter lebih sering dibandingkan dengan mengganti air (poin 1), sebaiknya 3 hari sekali (kalau rajin), atau setidaknya sekali seminggu. Gunakan filter dengan kualitas yang baik, yang dapat dicuci dan dipakai sampai beberapa kali. Jangan membeli filter murahan, yang hanya sekali pakai (cepat rusak). Tambahkan arang aktif pada filter untuk sistem penyaringan yang lebih baik, dimana dapat menyerap racun pada air.

3. Memberi makan pakan ikan
        Berikan pakan ikan yang sesuai. Banyak pakan ikan yang dijual di pasaran baik pakan hidup segar maupun pakan kemasan/ pellet. Pakan hidup segar seperti cacing rambut dapat membuat ikan lebih sehat dan cepat pertumbuhannya, namun jumlah pemberiannya harus dikontrol, sebab pemberian pakan hidup yang berlebihan membuat air menjadi lebih cepat kotor dan dapat menjadi sumber penyakit. Sedangkan pakan dalam kemasan/ pellet sifatnya lebih praktis sebab dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama. Pakan kemasan ini sangat bervariatif, pilihlah kualitas pellet sesuai dengan jenis ikan yang dipelihara (harga mahal, kandungan vitamin juga lebih baik).

4. Dekorasi
    Tambahkan dekorasi untuk mempercantik aquarium kita (seperti gambar diatas), kelihatannya menawan dan menarik setiap mata yang memandang. Tambahan dekorasi seperti batu koral atau pasir pada dasar aquarium selain dapat memperindah juga dapat membuat air kelihatan lebih jernih, sebab kotoran pada aquarium akan tertahan di dasar pasir. Berikan penerangan berupa lampu untuk menambah keindahan dan tanaman air juga merupakan pilihan yang baik.

5. Treatment
      Jika ikan terkena penyakit, sebaiknya segera pisahkan, lalu beri pengobatan atau treatment seperlunya. Penyakit yang sering menjangkit ikan hias adalah white spot, jamur, dan cacing. Terdapat beberapa jenis cairan yang bisa dipakai untuk mengatasinya. Selesai diobati sebaiknya ikan hias yang sakit tadi tak dikembalikan ke akuarium yang sama. Lebih baik digabungkan bersama ikan lain yang pernah sakit.

NB: Berikanlah garam kasar (garam tak beryodium) setiap penggantian air untuk menjaga air lebih tahan terhadap bakteri.

6. Aksesoris lain
           Banyak aksesoris ikan lain yang terdapat dipasaran yang dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan ikan hias yang kita pelihara. Misalnya: thermoheater yaitu alat untuk menjaga suhu air agar air tidak terlalu dingin, yang dapat menyebabkan ikan rentan terkena penyakit. Thermoheater biasanya diperlukan bagi ikan hias yang sifatnya lemah dan harganya cukup mahal seperti Discus. 

Demikian sedikit tips dan cara untuk merawat ikan hias, semoga dapat membantu kita lebih sayang terhadap ikan. Baca juga artikel Tentang Penulis..















3 comments:

  1. Fish Aquarium18/6/13 21:39

    Artikel yang bermanfaat Elway24. Salam dari para pecinta ikan hias.

    ReplyDelete
  2. artikelnya sngat bermanfaat, foto akuariumnya bgz bgt jdi pngen buat kaya' gtu..
    tpi aquariumnya msti gede yaa..?!

    ReplyDelete

Ayo berikan komentar Anda..